Laporan Akhir Modul 1 - Percobaan 3



1. Tujuan  [Kembali]
    1. Merangkai percobaan 3 dengan kondisi menampilkan angka 91011 pada lcd jika ditekan tombol *
    2. Menjelaskan prinsip kerja rangkaian percobaan 3 menampilkan angka 91011 pada lcd jika ditekan tombol *
    3. mensimulasikan jalannya kerja rangkaian percobaan 3 menampilkan angka 91011 pada lcd jika ditekan tombol *
2. Alat dan Bahan [Kembali]

Alat

1. Kabel USB

 


2. Breadbord


3. Kabel Jumper

Bahan
1. Arduino Uno

2. 7 Segment

3. keypad

4. Potensiometer


3. Rangkaian Percobaan [Kembali]




Prinsip Kerja

Bahan- bahan yang ada dirangkai menggunakan kabel jumper dengan aturan yang telah ditentukan. Dimana dalam menjalankan rangkaian tersebut pada arduino diinputkan listing program. pertama pendeklarasikan library program yang digunakan yaitu liquidcrystal.h (untuk LCD) dan keypad.h (untuk keypad). Selanjutnya deklarasi pin-pin yang digunakan derta baris dan kolom pada LCD. Selanjutnya inisiasi pin-pin dengan library-library yang digunakan.

Pada kode fungsi pertama void setup () yang beroperasi satu kali yang mana menentukan baris dan kolom dalam fungsi lcd.begin dan lcd.setcursor ().  Pada kode fungsi void loop () yang dilakukan berulang berisikan menganai fungsi jikalau ditekan tombol * pada keypad maka LCD akan menampilkan angka "91011".

4. Listing Program [Kembali]           

#include <LiquidCrystal.h> 

#include <Keypad.h> 

const byte ROWS = 4; 

const byte COLS = 3; 

char keys[ROWS][COLS] = { 

{'1','2','3'}, 

{'4','5','6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3 

{'7','8','9'}, 

{'*','0','#'} };

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; 

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; 

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); 

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); 

void setup() {

  LCD lcd.begin(20, 4); 

  lcd.setCursor(1,2); 

  lcd.setCursor(4,3); 

  lcd.setCursor(0,0); } 

  void loop() { 

    char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad if (key) 

    //Kondisi pilihan jika keypad ditekan 

    { lcd.print(key); 


Flowchart



5. Analisa [Kembali]

1. Jelaskan listing program

Jawab

Program diawali dengan pendeklarasikan library LCD dengan keypad beupa liquidcrystal.h dan keypad.h. Selanjutnya deklarasi baris dan kolom serta inisiasi yang digunakan pada tampilan LCD serta deklarasi pin-pin yang digunakan untuk baris dan juga untuk kolom. deklarasikan juga library dengan pin yang digunakan. Pada void setup () dimana suatu kode yang didalamnya terdapat fungsi dengan eksekusi satu kali yang menentukan pada pin baris dan kolom. PAda void loop () suatu kode dengan fungsi didalamnya dieksekusi secara berulang dengan penentuan keypad serta penentuan kondisi yang dinputkan didalamnya.

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD 
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris 
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom 
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'}, 
{'4','5','6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3 
{'7','8','9'}, 
{'*','0','#'} };
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom 
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); 
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); 
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom 
  LCD lcd.begin(20, 4); 
  lcd.setCursor(1,2); 
  lcd.setCursor(4,3); 
  lcd.setCursor(0,0); } 
  void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang 
    char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad if (key) 
    //Kondisi pilihan jika keypad ditekan 
    { lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
}

2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0-3

Jawab

Jika dipindahkan pin D4 sampai D7 LCD ke pin digital 0-3 maka data yang terbaca akan error karena tidak adanya data inputan yang dapat dibaca. HAl tersebut dikarenakan pada pengoperasiannya pin yang dibaca hanya D4-D7 dikarenakan percobaan dilakukan dalam mode4-bit

3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, JElaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkan agar LCD dapat menampilkan karakter

Jawab

V0 sebagai pemberi dan pengatur kecerahan layar LCD yang dihubungkan dengan potensiometer
RS sebagai Register atau penerima data yang diinputkan
RW sebagai pemberian logika untuk mendapatkan 0 atau 1
E (enable) berfungsi dalam pengaktifan LCD


0 komentar:

Posting Komentar